Minggu, 03 Februari 2019

CARA MEMBUAT RUMAH SEDERHANA MEMAKAI OpenGL

Asallamualaikum wr.wb

Hallo teman teman bertemu lagi ya dengan saya SindyNurhaliffah
      disini saya akan mengshare sebuah pembuatan rumah sederhana menggunakan OpenGL.

PENGERTIAN OpenGL
  OpenGL (Open Graphics Library) adalah suatu spefikasi grafik yang low-level yang menyediakan fungsi untuk mempermudah pekerjaan atau untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis (Graphics Programming / GP), termasuk grafik primitif (titik, garis, dan lingkaran). OpenGL(Open Graphic Library) adalah sebuah library terdiri dari berbagai macam fungsi dan biasanya digunakan untuk menggambar sebuah objek 2D ata 3D. OpenGL bersifat Open-Sourcemulti-platform dan multi-language.
OpenGL juga merupakan suatu antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface (API) yang tidak tergantung pada piranti dan platform yang digunakan, sehingga OpenGL dapat berjalan pada sistem operasi Windows, UNIX,SGI, Linux, frreBSD dan sistem operasi lainnya.

Oke sekarang kita langsung saja masuk ketutorialnya yaa:)

1.siapkan software microsoft visual studionya (tentunya sudah bisa membaca C++ yaa)
2.Masukan kode dibawah ini ya temen-temen.

#include <GL\glut.h>
void depan(int x1,int y1,int x2,int y2,int x3,int y3,int x4,int y4){
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2i(x1,y1);
glVertex2i(x2,y2);
glVertex2i(x3,y3);
glVertex2i(x4,y4);
glEnd();
}
void depanatas(int x1,int y1,int x2,int y2,int x3,int y3){
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2i(x1,y1);
glVertex2i(x2,y2);
glVertex2i(x3,y3);
glEnd();
}
void pintu(int x1,int y1,int x2,int y2,int x3,int y3,int x4,int y4){
    glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2i(x1,y1);
glVertex2i(x2,y2);
glVertex2i(x3,y3);
glVertex2i(x4,y4);
glEnd();
}
void belakang(int x1,int y1,int x2,int y2,int x3,int y3,int x4,int y4){
    glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2i(x1,y1);
glVertex2i(x2,y2);
glVertex2i(x3,y3);
glVertex2i(x4,y4);
glEnd();
}
void atapbelakang(int x1,int y1,int x2,int y2,int x3,int y3,int x4,int y4){
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2i(x1,y1);
glVertex2i(x2,y2);
glVertex2i(x3,y3);
glVertex2i(x4,y4);
glEnd();
}
void persegipanjang(int x1,int y1,int x2,int y2,int x3,int y3,int x4,int y4){
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2i(x1,y1);
glVertex2i(x2,y2);
glVertex2i(x3,y3);
glVertex2i(x4,y4);
glEnd();
}

//draw area
void userdraw(){
static int tick=0;
//set warna(R,G,B)
glColor3f(255,192,203);
depan(50,50,50,240,200,240,200,50);

glColor3f(255,215,0);
depanatas(50,240,120,350,200,240);

glColor3f(255,0,127);
belakang(200,50,200,240,500,240,500,50);

glColor3f(0,0,255);
pintu(70,50,70,150,120,150,120,50);

glColor3f(1,0,0);
atapbelakang(200,240,120,350,450,350,520,240);

glColor3f(0,0,0);
persegipanjang(300,100,300,200,400,200,400,100);
}
void display(void){
//clear screen
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
userdraw();//jalankanuserdraw()
glutSwapBuffers();

}

int main(int argc, char** argv){
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(640,400);
glutCreateWindow("Belajar OpenGL");
glClearColor(0,1,1,0);
gluOrtho2D(0.,640.,0.,480.);
glutIdleFunc(display);
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();

return 0;
}

3.tekan tombol f5 untuk proses debugin
4.lihat hasilnya

Tentu hasilnya pasti seperti ini:))



Nah itu hasilnya, terimakasih sudah mampir di blog saya, semoga bermanfaat:)


1 komentar: